Di
era revolusi 4.0 lingkungan ini sangat identik terhadap perkembangan teknologi.
Saat ini kustomisasi teknologi informasi kian mudah diciptakan. Kecanggihan
dalam menggunakan internet, data dan mesin di era revolusi industri 4.0 telah
melahirkan berbagai terobosan brilian yang melahirkan efisiensi memudahkan
masyarakat dalam mengakses informasi. Di dunia wirausaha khususnya sektor
industri, di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya.
Tak cuma pada proses produksi, juga pada seluruh rantai nilai industri agar
menumbuhkan model bisnis yang kontemporer berbasis digital agar meraih
efisiensi yang tinggi dan kualitas produk lebih baik.
Pada
tingkat praktis, kewirausahaan digital membuka kemungkinan baru bagi siapa pun
yang berpikir untuk menjadi wirausaha. Tidak menutup kemungkinan bagi milenials. Para generasi milenial adalah
generasi yang hampir lebih dari 90 persen menguasai dan memahami teknologi.
Generasi ini dikenal mendominasi beberapa hal saat ini, di antaranya, gaya
hidup, tren, cara menangani keuangan, hingga karier. Pasalnya, mulai banyak
generasi milenial yang enggan memulai kariernya dengan bekerja kantoran apalagi
menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka lebih cenderung menyukai perkerjaan
yang berkecimbung dengan dunia digital.
Mahasiswa
sebagai generasi milenial dan sebagai calon pemimpin bangsa harus tampil
sebagai sumber daya berkualitas, di samping memiliki rasa tanggung jawab sosial
yang tinggi. Salah satunya, tentu dibangun melalui karkater digital
entrepreneurship. Mahasiswa di era revolusi industri 4.0 adalah kaum muda yang
mempunyai kompetensi akademik yang baik, berjiwa entrepreneur, menguasai future
skills (soft & hard skills) sebagai modal kompetensi diri. Suka tidak suka,
era revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Maka lebih baik mati berjuang
untuk membangun financial freedom daripada bertahan dalam diam sehari-hari.
Keberadaan dan
jumlah wirausaha digital di suatu negara menjadi penting adanya, karena jumlah
wirausaha selalu dijadikan sebagai indikator tingkat kemajuan negara. Terlebih
lagi indonesia memiliki potensi yang besar untuk menumbuhkan dan mengembangkan
kewirausahaan digital. Dalam hal mengembangkan kewirausahaan digital, hasil
dari penelitian melalui laboratorium menyatakan perguruan tinggi merupakan
potensi pengembangan wirausaha digital pemula. Hasil penelitian menemukan
semakin besar pengetahuan kewirausahaan mahasiswa, maka akan meningkatkan niat
berwirausaha digital. Hal lainnya adalah, Perguruan Tinggi harus meminimalisasi
kelemahannya seperti dalam hal penyebaran pengetahuan karena kurangnya
sumberdaya yang memadai, kurangnya kolaborasi perguruan tinggi dan industri
dalam memecahkan masalah teknologi industri.
Selain niat untuk berwirausaha digital, mahasiswa harus mengetahui pentingnya teknologi untuk strategis bisnis di era digitalisasi seperti:
Keunggulan kompetitif
Fokus terhadap kepuasan pelanggan, dengan memberikan jasa khusus yang spesisik yang menjadi diferensiasi dari pesaing lain.
Omnichannel
Menghubungkan dunia offline ke online.
Big data
Menggunanakan SAP bussiness one mengelola untuk supply chain, sedangkan untuk dapat tetap bersinergi dengan pusat, dicabang perlu menggunakan software oddo
Cybersecurity
Melindungi informasi bisnis perusahaaan
Kapabilitas digital
Memahami kapabilitas digital yang dibutuhkan sehingga bisa masuk ke dunia digital
Menurut peniliatan IDC tahun 2015 Indonesia mengalami peningkatan digitaliasi yang dijabarkan melalui empat parameter yaitu:
Mobile internet
Punggunaan mobile internet yang semakin aktif.
Cloud tecnology
Meningkatnya manfaat internet sebagai pusat server untuk mengelolah data.
Internet of things
Pemanfaatan teknologi untuk mengontrol sesuatu secara real time dengan pemanfaatan sensor digital semakin berkembang.
Big data and advanced analytics
Berkembangnya penggunaan Big data and advanced analytics, Dengan adanya penggunaan big data dapat mempermudah wirausaha digital memprediksi sesuatu dengan akurat.
Empat parameter tersebut menunjukan singal bahwa revolusi digital sudah masuk ke dunia industri Indonesia. Indonesia juga mempunyai peluang dalam perkembangan digitalisasi seperti harga internet terbilang relatif murah. Pengguna media sosial di Indonesia sangat tinggi. Tingginya minat pembelian secara online. Tingginya pengguna internet. Untuk dapat mengoptimalkan peluang tersebut indonesia harus membenahkan diri untuk memperbaiki kualitas internet disetiap penjuru negeri. Betul, tantangan kualitas internet yang masih buruk dikarenakan cakupan Indonesia sangat luas, dan pemerintah sudah melakukan upaya seperti pembuatan palapa ring dan meningkatkan cakupan 4G.
Sumber
daya manusia yang dibutuhkan oleh industri saat ini adalah yang memiliki
kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital. Kompetensi ini untuk mewujudkan
pabrik cerdas (smart factories), seperti salah satunya Internet of Things
(IoT). Era revolusi industri 4.0 membuka kesempatan bagi sumber daya manusia
(SDM) untuk dapat mengembangkan potensi diri menjadi wirausaha digital. Untuk
itu, diperlukan pelaksanaan program peningkatan keterampilan (up-skilling) atau
pembaruan keterampilan (reskilling) untuk para wirausaha digital.
Transformasi digital diciptakan untuk menggabungkan teknologi dengan tujuan bisnis agar tercipta hasil yang efisien dan terintegrasi. Wirausaha digital wajib menyadari bahwa zaman now teknologi bertindak sebagai dasar arsitektur pembangun sistem. Bisnis apa pun yang tersentuh teknologi mampu melesat secepat kilat. Berikut kompetensi yang harus dimiliki oleh wirausaha digital.
Kecerdasan dan analitik bisnis
Pada tingkat individu dan industri, manusia sekarang menghasilkan volume data yang sangat besar. Informasi terkait data tentu bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan. Orang-orang yang bisa mengeksekusi tentulah mereka yang memiliki latar belakang ilmu data, pemrograman, dan pemahaman statistik. Dengan menguasai skill teknis, perusahaan bisa menafsirkan makna di balik data dan mengoptimalkan kebiasaan online konsumen untuk menarik audiens yang sesuai dengan model bisnis perusahaan.
Layanan dan solusi cloud
Salah satu bidang keterampilan yang mengalami penurunan perhatian yang signifikan adalah infrastruktur dan operasi (I&O). Sekitar 30% organisasi melaporkan I&O menjadi target utama dalam memangkas biaya operasional dan tanggung jawab tersebut dialihkan ke penyedia layanan cloud. Sebagai entrepreneur digital, penting untuk menggandeng partner yang mengedepankan cloud sebagai Software as Solution (SaaS). Peran seorang ahli yang mampu mengintegrasikan SaaS dengan cloud menjadi sangat berharga. Dengan begitu, wirausaha digital bisa menggabungkan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dengan tepat waktu. Kemudian mengidentifikasi akar permasalahan dan mengumpulkan informasi yang relevan untuk menemukan solusi yang tepat lebih dari sekdar menyelesaikan masalah teknis.
Digitalisasi dan pemasaran digital
Pemasaran digital melengkapi keterampilan intelijen bisnis dan analitik, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Dalam bisnis digital, agar sukses menguasai ketiganya perlu dibarengi dengan menyesuaikan pengalaman pelanggan dan memprediksi apa yang dibutuhkan. Kolaborasi dengan tim analitik tentu sangat penting untuk menemukan faktor apa saja yang bisa meningkatkan brand loyalty. Ada 5 kategori yang termasuk ke dalam digital marketing, yaitu Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Content Marketing, Social Media Marketing (SMM), E-mail Marketing, dan Pay Per Click (PPC). Tools masing-masing kategori bisa dipelajari untuk mengetahui interaksi pasar, mengantisipasi masalah dan tantangan, dan mengubahnya menjadi peluang positif
* Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
Terimakasih artikelnya bermanfaat sekali
ReplyDeleteArtikelnya bermanfaat sekali. Terimakasih
ReplyDeleteArtikelnya menambah wawasan mengenai digital bisnis, apalagi buat pemula, 👍
ReplyDeleteArtikelnya sangatt Bermanfaat
ReplyDeletekeren banget infonyaa
ReplyDeleteArtikelnya sangat bermanfaat
ReplyDeleteArtikel nya bagus dan bermanfaat. Terimakasih ifoo
ReplyDeleteKeren bangetttt. Artikelnya sangat bermanfaat, semangat berkaryaaaa. Terimakasih
ReplyDeletemenarik sekali pembahasannya banyak manfaatnya
ReplyDeleteNambah ilmu lagi nih makasi min infonya bermanfaat, jadi makin tertarik buka usaha via digital nihh
ReplyDeleteArtikel nya keren bagusss, sangat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih informasinya
ReplyDeleteArtikel sangat bermanfaat, dan mudah dipahami
ReplyDeletekereeennn! sangat bermanfaat
ReplyDeleteSangat bermanfaat dan menambah pengetahuan
ReplyDeleteArtikelnya sangat bermanfaat
ReplyDeleteSangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami
ReplyDeleteArtikelnya sangat bermanfaat, sangat membantu untuk kita yang ingin lebih memahami tentang wirausaha digital. Terimakasih
ReplyDeletesangat bermanfaat!
ReplyDeleteNambah wawasan banget ni, makasih fo!
ReplyDelete