-->
  • Kenapa Harus ada Digital Marketing?

     



    Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

    Digital marketing begitu penting bagi para entrepreneur muda. Mengapa dikatakan penting, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era disruptif ini menjadi hal yang harus dan wajib dipahami dan dilakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan.

    Pada era pandemi covid-19 dunia digital semakin menunjukan eksistensinya karena dapat kita rasakan bahwa datangnya pandemi ini semakin mengakselerasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan. Ketika masyarakat harus mengurangi mobilitas diluar rumah, mengakibatkan adanya keterbatasan untuk mengakses secara konvensional.  Digital dapat dijadikan satu-satunya solusi sebagai media promosi atau media pemasaran. Pandemi covid-19 ini juga membuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital.

    Jean, claude juncker mengatakan bahwa "The internet and digital technologies are transforming our world. Digital technology has to be our future" pada kutipan tersebut mempertegas bahwa peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia saat ini. Seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital semakin menguasai dunia dan  dapat mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen. Seorang wirausahaan menganggap hal ini dapat di jadikan peluang yang besar untuk tetap dapat memenangkan persaingan dalam dunia wirausaha selama wirausahawan  dapat beradaptaasi dan  memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Kunci penting bagi wirausahawan yaitu dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, terutama dalam dunia digital teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.

    Pada Januari 2019 terdapat data yang menunjukan populasi penduduk di Indonesia adalah 268.2 Juta penduduk dari jumlah tersebut 15 Juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet, kemudian keseluruhan dari pengguna internet ini sudah mengakses atau aktif menggunakan social media. Kemudian pada tahun berikutnya di Januari 2020 terdapat penambahan 1,1% populasi penduduk, penggunaan mobile phone juga berkembang sebesar 4,6% pengguna internet pada tahun ini juga semakin tumbuh sebesar 17%. Dari perbandingan data tersebut kita dapat mengetahuai pertumbuhan penggunaan gadget kemudian akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial tumbuhnya sangat cepat dibandingkan pertumbuhan jumlah populasi.

    Data tersebut menunjukkan satu gejala positif yang harusnya dipandang oleh wirausahawaan sebagai peluang untuk mempertimbangkan digital sebagai media promosi. Media-media konvensional sudah dianggap tidak cukup efektif dan efisien lagi bagi perusahaan atau bagi interpreneur. Karena ada nya keterbatasan waktu dan luas market.

    Setelah wirausahaan memahami pentingnya digital terhadap dunia kewirausahaan, selajutnya wirausahawaan harus memahami beberapa sosial media platform yang paling banyak digemari oleh pengguna media sosial.

    Untuk dapat mengembangkan usaha yang kita miliki, perlu adanya strategi marketing. Salah satu strategi tersebut ialah Sostac Marketing Diagram, berikut step-step yang dapat dilakulan oleh pelaku bisnis. 

    1.    Situation analysis

    Situation analysis ini adalah menjelaskan tentang dimana posisi usaha yang dimiliki, seorang wirausahawan harus peka terhadap perubahan situasi-situasi yang terjadi baik secara global maupun tidak. Dalam step ini terdapat 5S yang dapat dijadikan indikator dalam menyusun situation analysis.

    2.    Obejectives

    Dalam step ini wirausahawan harus menyusun tujuan dari usahanya.

    3.    Strategy

    Dalam step ini wirausahaan harus menemukan langkah apa yang akan diambil untuk mencapai tujuan yang sudah disusun sebelumnya. Dalam step ini wirausahawan menyusun yang segmenting targeting dan positioning  di dalam pemasaran kita kenal dengan STP.

    4.    Tactics

    Dalam tacticks ini wirausahaan harus menentukan cara-cara yang lebih generic untuk mencapai tujuan.

    5.    Actions

    Setelah semua tersusun dengan baik, wirausahawan  harus mengimplementasikannya secara langsung pada usaha yang dimilinya.

    6.    Control

    Wirausahawan perlu menyusun performance Indicator untuk mengetahui strategi yang sudah disusun dan action yang sudah dilakukan dapat berjapan optimal atau tidak.

    Internet saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Berikut manfaat dari digital marketing

    1.    Menjangkau pasar secara online

    Internet memungkinkan usaha yang dimilikinya dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas. Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kita miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya.

    2.    Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan

    Melalui digital marketing, bisnis yang wirausaha tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu,akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik..

    3.    Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis

    Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang wirausaha miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.

    4.    Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan

    Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu.

    5.    Memudahkan dalam melakukan evaluasi

    Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja bisa dilihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Membuat bisnis terlihat lebih professional.

    Kesimpulan

    Penggunaan Internet di Indonesia cukup besar dan sangat aktif karena menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari. Ini menjadi hal yang wajar, mengingat hampir semua sektor sudah terhubung ke internet, termasuk sektor bisnis yang mulai melakukan perubahan dalam segi marketing. Pemasaran yang dulu dilakukan dengan menggunakan flyer, spanduk, koran, kini beralih ke media digital dan juga internet, yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, gaya hidup yang semakin dinamis, hingga tren bisnis yang silih berganti menjadi sedikit alasan mengapa Digital Marketing semakin dibutuhkan. Saat ini, Indonesia sedang memasuki era digital yang mengharuskan pebisnis untuk memahami perkembangan dan penerapan teknologi baru. Seperti halnya riset dari McKinsey yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang paling optimis dalam menerapkan industri 4.0 di kawasan Asia Tenggara.










  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment