Digital
marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk
menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk
menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu,
penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak
heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh
perusahaan-perusahaan. Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten
yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.
Digital
marketing begitu penting bagi para entrepreneur
muda. Mengapa dikatakan penting, karena kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi di era disruptif ini menjadi hal yang harus dan wajib dipahami dan
dilakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan.
Pada
era pandemi covid-19 dunia digital semakin menunjukan eksistensinya karena
dapat kita rasakan bahwa datangnya pandemi ini semakin mengakselerasi dan
membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan.
Ketika masyarakat harus mengurangi mobilitas diluar rumah, mengakibatkan adanya
keterbatasan untuk mengakses secara konvensional. Digital dapat dijadikan satu-satunya solusi
sebagai media promosi atau media pemasaran. Pandemi covid-19 ini juga membuka
peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan
promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital.
Jean,
claude juncker mengatakan bahwa "The
internet and digital technologies are transforming our world. Digital
technology has to be our future" pada kutipan tersebut mempertegas
bahwa peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia saat ini.
Seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi digital semakin menguasai
dunia dan dapat mengubah pola perilaku
konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen. Seorang
wirausahaan menganggap hal ini dapat di jadikan peluang yang besar untuk tetap
dapat memenangkan persaingan dalam dunia wirausaha selama wirausahawan dapat beradaptaasi dan memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.
Kunci penting bagi wirausahawan yaitu dapat beradaptasi dengan segala perubahan
yang terjadi, terutama dalam dunia digital teknologi yang saat ini sedang
berkembang pesat.
Pada
Januari 2019 terdapat data yang menunjukan populasi penduduk di Indonesia
adalah 268.2 Juta penduduk dari jumlah tersebut 15 Juta diantaranya sudah
melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet, kemudian keseluruhan dari
pengguna internet ini sudah mengakses atau aktif menggunakan social media.
Kemudian pada tahun berikutnya di Januari 2020 terdapat penambahan 1,1%
populasi penduduk, penggunaan mobile phone juga berkembang sebesar 4,6%
pengguna internet pada tahun ini juga semakin tumbuh sebesar 17%. Dari
perbandingan data tersebut kita dapat mengetahuai pertumbuhan penggunaan gadget
kemudian akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial tumbuhnya
sangat cepat dibandingkan pertumbuhan jumlah populasi.
Data
tersebut menunjukkan satu gejala positif yang harusnya dipandang oleh
wirausahawaan sebagai peluang untuk mempertimbangkan digital sebagai media
promosi. Media-media konvensional sudah dianggap tidak cukup efektif dan
efisien lagi bagi perusahaan atau bagi interpreneur. Karena ada nya keterbatasan
waktu dan luas market.
Setelah
wirausahaan memahami pentingnya digital terhadap dunia kewirausahaan,
selajutnya wirausahawaan harus memahami beberapa sosial media platform yang
paling banyak digemari oleh pengguna media sosial.
Untuk
dapat mengembangkan usaha yang kita miliki, perlu adanya strategi marketing.
Salah satu strategi tersebut ialah Sostac Marketing Diagram, berikut step-step
yang dapat dilakulan oleh pelaku bisnis.
1.
Situation
analysis
Situation analysis ini adalah menjelaskan tentang dimana
posisi usaha yang dimiliki, seorang wirausahawan harus peka terhadap perubahan
situasi-situasi yang terjadi baik secara global maupun tidak. Dalam step ini
terdapat 5S yang dapat dijadikan indikator dalam menyusun situation analysis.
2.
Obejectives
Dalam step ini wirausahawan harus menyusun tujuan dari
usahanya.
3.
Strategy
Dalam step ini wirausahaan harus menemukan langkah apa
yang akan diambil untuk mencapai tujuan yang sudah disusun sebelumnya. Dalam
step ini wirausahawan menyusun yang segmenting targeting dan positioning di dalam pemasaran kita kenal dengan STP.
4.
Tactics
Dalam tacticks ini wirausahaan harus menentukan cara-cara
yang lebih generic untuk mencapai tujuan.
5.
Actions
Setelah semua tersusun dengan baik, wirausahawan harus mengimplementasikannya secara langsung
pada usaha yang dimilinya.
6.
Control
Wirausahawan perlu menyusun performance Indicator untuk
mengetahui strategi yang sudah disusun dan action yang sudah dilakukan dapat
berjapan optimal atau tidak.
Internet
saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang
dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para
pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Berikut manfaat dari
digital marketing
1.
Menjangkau
pasar secara online
Internet memungkinkan usaha yang dimilikinya dapat
terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas. Sebagian besar konsumen kini
lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari.
Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kita miliki, besar kemungkinan
mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya.
2.
Mudah
menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan
Melalui digital marketing, bisnis yang wirausaha tawarkan
dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai.
Dengan begitu,akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk
atau memberikan pelayanan jasa kepada publik..
3.
Menempatkan
posisi strategis dalam persaingan bisnis
Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki
kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa
periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan
begitu, bisnis yang wirausaha miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan
posisi yang setara dengan perusahaan ternama.
4.
Meningkatkan
profit bisnis yang dijalankan
Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat
ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu
meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu.
5.
Memudahkan
dalam melakukan evaluasi
Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis dapat
terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan
bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja bisa dilihat kelebihan dan
kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Membuat bisnis terlihat lebih
professional.
Kesimpulan
Penggunaan Internet di Indonesia cukup besar dan sangat aktif karena menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari. Ini menjadi hal yang wajar, mengingat hampir semua sektor sudah terhubung ke internet, termasuk sektor bisnis yang mulai melakukan perubahan dalam segi marketing. Pemasaran yang dulu dilakukan dengan menggunakan flyer, spanduk, koran, kini beralih ke media digital dan juga internet, yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, gaya hidup yang semakin dinamis, hingga tren bisnis yang silih berganti menjadi sedikit alasan mengapa Digital Marketing semakin dibutuhkan. Saat ini, Indonesia sedang memasuki era digital yang mengharuskan pebisnis untuk memahami perkembangan dan penerapan teknologi baru. Seperti halnya riset dari McKinsey yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang paling optimis dalam menerapkan industri 4.0 di kawasan Asia Tenggara.
No comments:
Post a Comment